Selasa, 11 Juni 2013

Permintaan dan Penawaran

BAB I

PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG

Dalam sebuah perdagangan pasti ada permintaan dan penawaran. Permintaan itu adalah jumlah barang yang diminta pada jumlah dan waktu tertentu. Sedangkan Penawaran  itu adalah banyaknya barang atau jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu. Dari sini kita sudah melihat bahwa Permintaan dan Penawaran memiliki hubungan yang erat satu sama lain  untuk mendukung Perdagangan.

Ada pun factor – factor dalam Permintaan dan Penawaran, antara lain :

Permintaan                                                                       Penawaran

-       Harga barang itu sendiri                                              -     Harga barang itu sendiri
-       Harga barang pengganti                                              -     Harga barang pengganti
-       Harga barang pelengkap                                             -     Biaya produksi
-       Selera konsumen                                                        -     Perkiraan harga masa depan
-       Jumlah pendapatan                                                    -     Kemajuan teknologi
-       Perkiraan harga masa depan                                      -     Pajak

Disini terlihat bahwa factor – factor yang dimiliki oleh permintaan dan penawaran hampir sama bahkan ada yang sama. Selain factor, permintaan dan penawaran memiliki kurva dan hukum masing masing. Dalam kurva permintaan dan penawaran kita harus mencari titik tengah atau blancenya, dimanakah titik yang tepat untuk permintaan dan penawaran.

 B. MASALAH

Permasalahan yang ada disini bagaimana cara menblancekan antara permintaan dan penawaran dan apakan mereka memiliki kurva?! 

BAB II

PEMBAHASAN

PENAWARAN

Pengertian penawaran
Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.

Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:
1.    Harga barang itu sendiri.
Semakin tinggi harga barang maka jumlah penawaran akan meningkat. Harga tinggi merupakan daya tarik bagi produsen untuk memproduksi lebih banyak lagi dan juga daya tarik bagi produsen baru untuk masuk ke pasar. Sebaliknya, semakin rendah harga barang, maka produsen semakin enggan untuk berproduski sehingga jumlah penawaran akan menurun.
2.    Harga faktor produksi.
Naik atau turunnya harga faktor-faktor produksi akan mengakibatkan naik dan turunnya biaya produksi. Hal ini akan mempengaruhi penawaran suatu jenis barang.
3.    Tingkat produksi.
semakin tinggi tingkat teknologi yang diterapkan, semakin efisien pula perusahaan itu, atau dengan kata lain, biaya produksi dapat ditekan, dan pada akhirnya barang dan jasa yang ditawarkan pun akan bertambah.
4.    Ekspektasi/perkiraan
Apabila produsen memperkirakan kemungkinan peningkatan harga barang atau jasa, penurunan harga sumber-sumber produksi, juga peningkatan pendapatan konsumen, maka perkiraan produsen itu akan semakin meningkatkan besarnya penawaran kepada konsumen.

Hukum Penawaran
Jumlah barang yang ditawarkan akan meningkat apabila harga naik, dan akan berkurang jika harga turun, atau perubahan penawaran berbanding lurus dengan perubahan harga

Kurva Penawaran
Sesuai dengan hukum dari penawaran, dimana penawaran berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan, maka berikut ini adalah contoh bentuk umum dari kurva penawaran yang normal


Pergeseran Kurva Penawaran
Perubahan pada faktor-faktor sebagaimana telah disebutkan di atas dapat menggeser kurva penawaran ke kiri maupun ke kanan. Kurva penawaran akan bergeser ke kiri apabila penawaran berkurang dan bergeser ke kanan apabila penawaran bertambah.




PERMINTAAN

Pengertian Permintaan
Permintaan (demand) adalah banyaknya jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.
Macam-macam permintaan:
1.    permintaan efektif    : permintaan konsumen atau pembeli yang disertai dengan kemampuan membayar
2.    potensial potensial  : permintaan yang memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian
3.    permintaan absurd  : permintaan yang tidak berdaya beli atau permintaan yang tidak disertai dengan kemampuan membayar

Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan :
1.    Harga barang itu sendiri.
Hubungan antara harga barang dengan jumlah permintaan barang tersebut adalah negatif. Kenaikan harga akan direspon dengan penurunan permintaan barang, dan juga sebaliknya.
2.    Harga barang lain yang berkaitan.
Peningkatan harga barang substitusi akan mengakibatkan permintaan suatu barang tertentu akan meningkat, dan sebaliknya jika harga barang substitusi menurun, maka permintaan akan barang itu menurun.
3.    Tingkat pendapatan.
Apabila pendapatan masyarakat bertambah, maka tentu akan terjadi perubahan pola permintaan di pasar.
4.    Selera konsumen.
Apabila barang atau jasa itu sedang banyak disukai, maka permintaan barang atau jasa itu pun akan meningkat. Keadaan sebaliknya akan terjadi apabila barang atau jasa itu tidak disukai lagi oleh konsumen.
5.    Ekspektasi/perkiraan.
Apabila ia memperkirakan bahwa tingkat pendapatannya akan meningkat, maka jumlah permintaan pun akan cenderung meningkat. Sebaliknya, apabila ia memperkirakan bahwa tingkat pendapatannya akan menurun, maka jumlah permintaan pun akan cenderung menurun.

Hukum Permintaan
Jumlah barang atau jasa yang diminta akan bertambah jika harga turun dan akan berkurang jika harga naik pada periode tertentu perubahan permintaan berbanding terbalik dengan perubahan harga






Kurva Permintaan
Sesuai dengan hukum dari permintaan, dimana permintaan berbanding terbalik dengan harga yang ditawarkan, maka berikut ini adalah contoh bentuk umum dari kurva penawaran yang normal

Pergeseran Kurva Permintaan
Perubahan pada faktor-faktor sebagaimana telah disebutkan di atas dapat menggeser kurva permintaan ke kiri maupun ke kanan. Kurva penawaran akan bergeser ke kiri apabila permintaan berkurang dan bergeser ke kanan apabila permintaan bertambah.


BAB III

PENUTUP




A.    KESIMPULAN

Dapat dikatakan bahwa orang menawarkan harga mahal maka permintaan akan 0 dan jika penawaran harga murah atau free maka permintaan akan membeludak atau banyak. Sedangkan penawaran, jika harganya murah makan harga yang ditawarkan tidak ada dan jika ditawarkan harga mahal maka banyak peminatnya. Dan kita menemukan titik balance di P = 50 dan Q = 5. Dan pernawaran dan  permintaan benar benar dibutuhkan dalam harga pasar.

B.     SARAN


Tetap menjaga kestabilan dalam permintaan dan penawaran, jangan sampai tidak balance, karena jika tidak balance akan membuat kacau harga pasar, dan harga bisa menjadi naik..