Jumat, 27 Juni 2014

10 Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Pemula

Menjadi pengusaha tidaklah mudah. Data menunjukkan bahwa tak banyak bisnis yang bisa melewati usia tiga tahun pertamanya. Karena itu mengetahui bagaimana pengusaha sukses yang berangkat dari bawah memulai bisnisnya akan menjadi tips yang berharga. Salah satunya dari Mark Cuban, pengusaha yang sukses mengembangkan bisnis TV kabel di Amerika.


Cuban menyebutkan rahasia sukses jadi pengusaha pemula (start-up):



1. Jangan memulai bisnis kecuali obsesi dan sesuatu yang Anda cintai.



2. Jika di awal-awal Anda sudah memiliki exit strategy, berarti bisnis yang Anda bangun bukan obsesi.



3. Rekrut orang yang menyukai bekerja di perusahaan Anda.



4. Ketahui bagaimana perusahaan Anda akan menghasilkan uang dan ketahui caranya.



5. Ketahui kompetensi utama Anda dan fokuslah kepadanya hingga melahirkan sesuatu yang luar biasa. Kalau perlu pekerjakan orang yang mampu mendorong Anda meningkatkan kompetensi Anda.



6. Apakah Anda merasa tertekan dengan waktu? Orang yang menyukai pekerjaannya, mereka akan menemukan cara bagaimana menggunakan waktu sebaik mungkin untuk pekerjaannya.



7. Bukalah kantor yang mampu menjaga semua orang selaras dengan apa yang sedang terjadi dan mampu menjaga energi mereka. Tidak ada privasi di perusahaan pemula. Jika ada karyawan yang meminta privasi, tunjukkan bagaimana ia bisa mengunci diri di kamar mandi.



8. Sepanjang itu menyangkut teknologi, ketahui apa yang ingin Anda ketahui meski kadang biayanya tidak murah. Misalnya, jika tahu Apple baik, gunakan saja. Ini dimungkinkan karena jumlah karyawan masih sedikit sehingga biayanya tak terlalu mahal. Biarkan karyawan menggunakan apa yang mereka tahu.



9. Biarkan organisasi flat (tak ada hierarki). Jika ada manajer yang melapor ke manajer lainnya dalam organisasi perusahaan pemula, Anda akan gagal. Di perusahaan pemula, jika Anda memiliki manajer yang harus melapor ke manajer yang lain, Anda sedang membangun politik.



10. “Sebuah tanda kegagalan untuk startup adalah ketika seseorang mengirimi saya polo shirt berlogo nama perusahaannya,” kata Cuban. Jika orang-orang Anda di pameran dan di depan umum (menggunakan kaos berlogo itu), tidak apa-apa. Tetapi jika Anda benar-benar berpikir orang-orang atau tokoh-tokoh tertentu akan memakai polo shirt berlogo perusahaan Anda di luar atau sekitarnya, Anda keliru. Itu menunjukkan Anda tidak tahu bagaimana membelanjakan uang Anda.


http://www.andriewongso.com/articles/details/12288/10-Rahasia-Sukses-Jadi-Pengusaha-Pemula

Cara Sukses Lolos Melewati Pendaftaran menjadi Pramugari

Saat ini Pramugari merupakan profesi impian bagi remaja yang telah ( paling tidak ) lulus dari SMA. Betapa tidak? Dengan pendapatan yang bisa melebihi orang bekerja yang telah lulus Sarjana, S2 sekalipun, Jalan-jalan gratis, keliling dunia, segudang fasilitas menarik lainnya, Pramugari merupakan selebritis udara!
Tentu saja dalam hal ini saya membicarakan rangkaian tes bagi Pramugari pada maskapai besar Nasional yang membawa Pramugari keliling dunia.
Apa yang bisa dibanggakan dari Pramugari? Banyak!
Tanya saja penghasilannya, dan anda akan berdecak kagum dengan nilai yang tak kurang dari 20juta rupiah perbulan! Fasilitasnya? Owww, paling tidak miminal ia akan menginap di hotel bintang 4 dengan kenyamanannya. Jalan-jalan gratis ke kota dan tempat wisata yang bisa ia kunjungi, dan pengalaman luar biasa dengan budaya di seluruh dunia.
Bila kita lihat pendaftaran pramugari yang dibuka, maka hampir ratusan pendaftar penuh sesak ada disana. Dan yang diterima hanyalah tak lebih dari jumlah jari kita. Walaupun banyak yang cantik, seksi, sangat modis, namun itu malah tidak diterima.
Apa yang dicari dari pendaftaran Pramugari ini?
Bagi anda para remaja, ikutilah tips2 berikut agar anda lolos pendaftaran dan diterima menjadi Pramugari.
Pertama adalah syarat mutlak. Ini mutlak dan harus dipenuhi, yaitu sehat jasmani dan rohani.
Tidak mengidap salah satu penyakit berat ( akan dibuktikan dalam medical check-up ), dan tinggai badan minimum 160cm atau ada yang mensyaratkan 165cm, dengan berat badan ideal dari tinggi badan.
Kedua adalah syarat yang harus diperhatikan, yaitu bahwa Profesi Pramugari bukanlah foto model, peragawati, atau bintang iklan.
Anda tidak perlu dandan sehingga terlihat cantik dan seksi. Yang diperlukan adalah menarik! Banyak yang berdandan seksi, cantik, namun tidak diterima. Kenapa? Karena Pramugari bukanlah pose didepan kamera, pramugari bukanlah hanya jalan di cat walk, dan juga bukan hanya diam untuk iklan sebuah produk.
Dandanan dan tata rias anda bukanlah untuk konsumsi Foto ataupun kamera televisi! Ingat, bahwa nantinya anda akan berkomunikasi dengan orang banyak secara real!
Ketiga adalah syarat tes akademik, yaitu bahasa Inggris dan psikotes. Dalam bahasa Inggris dan psikotes, anda memang harus benar2 menguasainya. Anda bisa kursus dulu bahasa Inggris dan membeli buku-buku panduan psikotes. Tes ini tidak bisa direkayasa, kalau kemampuan bahasa Inggrisnya kurang dan psikotesnya tidak lulus, ya harus belajar lagi karena ini adalah kemampuan akademik.
Keempat, dan ini yang penting, adalah wawancara. Banyak yang gagal disini hanya karena salah ngomong dan tidak percaya diri, atau malah over percaya diri.
Yang dicarai para ‘user’ adalah anda yang nantinya ‘mudah dibentuk’ untuk menjadi Pramugari maskapainya. Artinya singkirkan idealisme anda. Anda harus terlihat ‘smart’ namun bukan egois. Yang dicari bukanlah orang yang ‘ngeyel’, namun yang bersedia bilang ‘maaf saya nggak tahu’
Tidak perlu dandan berlebihan dan kelihatan seksi didepan para juri, bisa jadi anda malah akan didepak karena dianggap ‘over confidence’.
Lakukanlah sikap yang wajar, dengan senyum natural setiap menjawab pertanyaan. Para juri akan melihat bagaimana fleksibilitas, keramahan, sopan-santun, dan attitude anda. Sikap yang menunjukkan bahwa anda berpendidikan tinggi, berasal dari keluarga kaya, punya gengsi tinggi dan life style yang mahal, malah akan menjauhkan anda dengan para juri.
Kesalahan fatal dari para pendaftar adalah bahwa menyamakan profesi Pramugari dengan foto model, peragawati, ataupun bintang iklan. Ingat sekali lagi, bahwa Pramugari memerlukan sikap nyata dilapangan, dan bukan untuk konsumsi kamera, baik itu foto maupun film.


http://edukasi.kompasiana.com/2012/02/17/cara-sukses-lolos-melewati-pendaftaran-menjadi-pramugari-440108.html

PENGEMBANGAN SISTEM PELAYANAN PEMBAYARAN PADA SALON KECANTIKAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu mengalami perkembangan secara dinamis, salah satu dari sekian banyak perkembangan teknologi adalah komputer sebagai alat bantu manusia memiliki kelebihan diantaranya kecepatan, keakuratan, serta keefisienan dalam pengolahan data dibandingkan dengan sistem manual. Dan banyak perusahaan kecil maupun besar yang memakai kemajuan teknologi pada saat ini.
Membuka usaha memang menjadi impian banyak orang. Sebab banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapat dari usaha tersebut. Jam kerja bisa diatur dengan fleksibel dan juga potensi penghasilan yang bisa lebih besar dibandingkan bekerja sebagai karyawan. Selain itu dengan membuka usaha sendiri kita tidak hanya membantu diri kita tetapi juga membantu orang lain dengan memberi kesempatan mereka bekerja pada usaha kita.
Salah satu jasa yang saat ini sangat terkenal di Indonesia adalah salon kecantikan. Salon kecantikan adalah tempat untuk memperindah dan mempercantik tubuh, dengan perawatan yang baik dan bersih, maka dengan sendirinya terbentuk tubuh yang sehat. Kebersihan merupakan latihan menjaga tubuh agar bersih untuk mencegah infeksi dan penyakit. Dengan membersihkan tubuh, sel-sel kulit mati dapat dibersihkan, bertujuan untuk mengurangi kesempatan kuman yang dapat masuk ke dalam tubuh. Begitupun refleksologi berperan sebagai penghilang stress, yang merupakan seni dan sains tubuh yang didasarkan pada premis bahwa peta virtual seluruh tubuh ada di bagian telapak tangan dan kaki. Dengan menggunakan tekanan untuk merangsang titik refleks tertentu pada kaki, daerah yang sesuai dari virtual tubuh yang positif terpengaruh. Sebagai hasilnya, stress dapat reda dan kembali pada keseimbangan tubuh normal, dan disarankan bila hasil yang diinginkan maksimal treatment dapat ditambah dengan spa dan sauna.
Bisnis salon sebetulnya dapat dimulai dari modal yang sederhana. Kesuksesan di bidang ini tergantung pada kemampuan untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan dengan konsisten. Bisnis salon yang sukses adalah yang memberikan service yang terbaik, menggunakan produk yang berkualitas dan menyediakan suasana yang menyenangkan dengan harga yang sesuai. Pelanggan dalam bisnis ini bersedia membayar harga tinggi untuk pelayanan yang memuaskan mereka untuk perubahan penampilan fisik bahkan relaksasi mental.
Jasa salon kecantikan sudah banyak digunakan dikalangan semua orang baik menengah keatas maupun menengah kebawah , dan kebanyakan jasa salon kecantikan itu digunakan oleh para anak-anak remaja yang ingin tampil lebih berbeda.
Jasa salon kecantikan sekarang ini sudah banyak sekali ditemui dimana saja sekalipun dikota besar seperti Jakarta. Akan tetapi, masih banyak jasa Salon kecantikan yang tidak melakukan pelayanan yang baik dan efektif untuk pelanggannya. Salah satunya itu seperti dalam pelayanan pembayaran dan fasilitas yang tersedia.

Oleh karena itu , penulisan ini dibuat dalam rangka membuat pengembangan sistem pelayanan jasa Salon kecantikan yang secara biasa menjadi jasa Salon yang terkomputerisasi seiring dengan perkembangan teknologi komputerisasi di Indonesia.

CURICULUM VITAE



 DATA PRIBADI

Nama                                :    Ismi Nirohmainal Tatu
Jenis Kelamin                    :     Perempuan
Tempat, Tanggal Lahir       :    Jakarta, 25 Maret 1994
Status                                :    Belum Nikah
Tinggi/Berat                       :    157cm / 49kg
Agama                              :    Islam
Alamat                              :    Jl. Filodenrum 2 No.40 Rt/Rw 06/02, Jakarta Barat
No. Ponsel                        :    0813-1090-2257
Email                                 :    Ismy25@gmail.com
 
 PENDIDIKAN


1998-1999       :           Sekolah TK
1999-2005       :           Sekolah Dasar
2005-2008       :           Sekolah Menengah Pertama
2008-2011       :           Sekolah Menengah Atas
2011-2015       :           Universitas Gunadarma (Fakultas Ilmu Komputer)

 
 PENGALAMAN ORGANISASI

1.      2005-2008       : Mengikuti orginasasi PASKIBRA sebagai anggota
2.      2008-2010       : Mengikuti organisasi PASKIBRA sebagai bendahara
3.      2008-2010       : Mengikuti organisasi OSIS sebagai Sie KBB(kesatuan baris berbaris)


 
KURSUS DAN PELATIHAN


2005    : Kursus Bahasa inggris (6bulan)
2007    : Kursus mata pelajaran Primagama (1tahun)
2011    : Kursus SNMPTN Nurul Fikri (6bulan)
2012    : Kursus Bahasa Inggris English First (3bulan)
2013    : Kursus Multimedia (1minggu)
 

 KUALIFIKASI


1.      Komputer
2.      Bahasa Inggris
3.      Internet

PENGALAMAN KERJA 


·         Juli – Agustus 2009    : Praktek kerja lapangan di Kantor Pelayanan Pajak Madya Jakarta Timur
Memasukan data spt
Mensortir data-data spt
·         Agustus 2012              :  Bank ANZ
Mendata nomor tlp nasabah
Menawarkan kartu kredit kepada nasabah
Menawarkan pinjaman uang kepada nasabah

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Atas perhatian bapak/ibu, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,




(Ismi Nirohmainal Tatu)

Kamis, 02 Januari 2014

KEJUTAN ULANG TAHUN SWEET SEVENTEEN UNTUK YUDHA

Pagi itu bel masuk berbunyi anak-anak berlari memasuki kelas masing-masing. Aku duduk berdua dengan Julfah temanku sejak kelas 1 SMA.
“PR-mu udah cin?”
“udah dong”
“Aku pinjem dong, lihat matematika nomer 8, 9, 10 hehe”
“huu nyontek apa ngrampok loe”
Julfah  asik mengerjakan PR matematika yang belum ia kerjakan, sedangkan aku duduk sambil menunggu guru masuk kelas sambil ngobrol dengan Yudha temen sekelasku yang duduk di belakangku. Aku memang kadang orangnya suka iseng, bahkan bukan Cuma aku. Teman satu kelas semua juga pada iseng dengan memanggil sebutan nama-nama anak-anak kelas dengan sebutan beb, mas, kak, jeng, ses, non dan lain sebagainya. Begitupun aku, aku sering memanggil Yudha dengan sebutan Beb. Tapi Yudha anaknya agak sedikit pemalu jadi dia diam saja walau aku sering becandaain dia dengan memanggilnya dengan sebutan beb. Heheh.
Singkat cerita, karena keisenganku dengan Yudha kami sempat dekat. Aku dengan Yudha sering kontek via sms, hampir setiap malam. Dari itu kami semakin dekat dan merasa aku punya perasaan yang lebih dari seorang teman dengan Yudha. Kami akhirnya tau perasaan masing-masing, sampai suatu saat Yudha nembak aku di pinggir taman saat kita jalan bersama pulang sekolah, saat itu sekolah pulang cepat. Awalnya dia Cuma bilang suka saat kita masih dalam perjalanan masih saat menaiki motor, tapi ternyata dia tidak yakin dan akhirnya dia meminggirkan motornya tepat di sisi jalan pinggir taman pula dia memegang tanganku dan bilang suka. Sejak saat itu kita resmi jadian.
Dua bulan berlalu aku pacaran sama Yudha, guru-guru pun tau akan hubungan aku dengan Yudha. Sampai suatu saat di bulan Januari, bulan dimana Yudha ulang tahun pada tanggal 23 Januari. Ini merupakan ulang tahunnya yang ke 17. Iya, aku dan Yudha berbeda sedikit dia 17 tahun dan aku 18 tahun. Tapi bagiku itu bukanlah halangan untuk hubungan kita.
Aku mulai bingung untuk mencari kado apa yang sesuai untuk Yudha sampai aku tanya dengan teman-temannya apa yang harus aku kasih pada Yudha. Akhirnya aku punya inisiatif sendiri sehari sebelum hari ulang tahunnya aku sibuk menyiapkan semuanya untuk Yudha dari mulai aku nyari kado buat Yudha dan aku membeli kue ulang tahun untuknya. Malam itu, dengan dibasahi hujan gerimis aku memaksakan keluar rumah untuk mengambil kue ulang tahun untuk Yudha. Ya, toko itu cukup jauh tidak akan cukup waktu jika pas esok hari baru mengambil pesanan itu. Aku sengaja hanya mengucapkan “Selamat ulang tahun” saja dengan bilang aku tidak bisa kasih apa-apa, padahal aku begitu sibuk untuk mempersiapkan semuanya untuk Yudha.
Esoknya, aku sms Yudha. Aku bilang aku tidak masuk hari itu, berikut merupakan isi pesan singkatku untuk Yudha;
“Bebh, maaf aku hari ini nggak bisa masuk aku sakit. Maaf di hari ulang tahunmu aku nggak ada”
Padahal pagi itu aku berangkat pagi-pagi, namun jawab Yudha ia juga tidak akan masuk kalau aku tidak masuk hari itu.
“Lho sakit apa bebh, Ya udahlah aku juga gak masuk hari ini kalo embebh gak masuk?”. begitulah isi pesan yudha.
“Embebh” adalah andalan Yudha untuk memanggilku.
Aku mulai bingung, bisa gagal acaraku untuk bikin kejutan kalau Yudha tidak berangkat hari itu. Akhirnya aku bilang Yudha bahwa aku nggak jadi nggak masuk sekolah. Yudha memebalas pesanku dengan “ya udah aku juga berangkat, sekarang”.
Hmm akhirnya dia berangkat juga. Tapi aku tidak kehabisan akal sebelum Yudha masuk kelas aku ngumpet di UKS agar Yudha tidak melihatku. Dan ternyata… Ya, dia menanyaiku pada temanku Julfah.
“Cinta mana fa,”
“Dia kan nggak masuk hari ini”
Yudha kecewa dengar pernyataan Julfah tentang aku.
Bel masuk pun berbunyi. Sengaja aku berdiam dulu dalam UKS sampai anak-anak benar-benar sepi masuk kelas. Dan yah… akhirnya saat anak-anak sudah duduk rapi dalam kelas aku masuk dengan PD-nya, beruntung guru mapel belum masuk. Hahaha..
Dengan kagetnya Yudha ia tersenyum denganku, langsung aku menghampiri dan duduk di sampingnya. Sejak aku pacaran sama Yudha, dengan usilnya Julfah tidak mau duduk denganku. Ia bertukar tempat duduk dengan Yudha dan terpaksanya aku duduk dengan Yudha.
Bel pelajaran terakhir berbunyi. Anak-anak berhamburan keluar kelas. Aku dengan teman-teman cewek yang lain sengaja pergi dari kelas dulu dan temen-temen cowok membawa Yudha ke kamar mandi. Setelah Yudha keluar dari kelas aku langsung masuk lagi dan mempersiapkan semuanya. Disaat aku sedang mempersiapkan semuanya ternyata Yudha sedang dikerjai teman-teman yang lain di lapangan sekolah. Ada yang menyiramnya dengan air, menaburkan tepung terigu sampai ada yang melemparinya dengan telur ayam mentah. Iuhh jorok. Hahaha…
Sampai akhirnya Yudha suruh masuk kelas lagi tapi ia tidak mau karena takut dikerjain lagi. Namun salah seorang temannku bilang bahwa aku pingsan di kelas.
“Yud, ayo sini masuk kelas”
“ogah ah, bau amis begini”
“cepetan sini, cinta pingsan!”
Yudha langsung berlari ke kelas dan surprize…
Kue ulang tahun dengan lilin angka 17 ku pegangi dan semua serentak bernyanyi “selamat ulang tahun”. Perasaan malu, seneng terukir di wajahnya dengan senyum-senyum kecilnya yang membuatku juga ikut bahagia.
Acara tiup lilin dan potong kue berlangsung di kelas, dengan romantisnya dia menyuapiku sepotong kue begitu pun sebaliknya aku menyuapi dia. Lalu tak lupa aku berikan bingkisan kado untuknya. Bahagianya dia menerima itu dari aku. Aku pun ikut bahagia. Acara ulang tahun yang sederhana itu cukup membuatku merasa bahagia, karena semua yang ku persiapkan untuk Yudha adalah hasil tabungan dari uang saku ku yang ku sisihkan.
Sore hari pun tiba, karena asyik dengan acara ulang tahun Yudha dengan makan bersama kue ulang tahun Yudha, kami sampai lupa waktu sudah menunjukan pukul 17.00 WIB. Kami semua pulang ke rumah masing-masing.

Malam harinya Hp-ku berbunyi “ting.. ting”. Ternyata satu pesan dari Yudha yang berisi;
“Sayang makasih ya atas kejutannya, atas kue dan kadonya aku seneng banget sayang”.
Dengan senyum yang melengkung di bibirku, aku merasa sangat puas bisa membuat dia senang di hari ulang tahunnya. Aku pun membalas pesan singkat dari Yudha yang berisi:
“iya sayang, sama-sama aku juga seneng kalau kamu seneng dengan kejutannya syukurlah.. Aku sayang kamu Yudha”
Yudha membalas pesanku;
“Iya sayang, aku juga sayang banget sama kamu bebh”
Malam itu kami melanjutkan berkomunikasi lewat sms. Begitulah kejutan ulang tahun Yudha yang ke 17 tahun.

Avicii - I could be the one

Do you think about me when you're all alone?
The things we used to do, we used to be
I could be the one to make you feel that way
I could be the one to set you free

Do you think about me when the crowd is gone?
It used to be so easy, you and me
I could be the one to make you feel that way
I could be the one to set you free

I could be the one to make you feel that way
I could be the one to set you free
I could be the one to make you feel that way
I could be the one to set you free

When you need a way to beat the pressure down
When you need to find a way to breathe
I could be the one to make you feel that way
I could be the one to set you free

If you never see me when the crowd is gone
It used to be so easy, can't you see?
I could be the one to make you feel that way
I could be the one to set you free

I could be the one to make you feel that way
I could be the one to set you free
I could be the one to make you feel that way
I could be the one to set you free
I could be the one to make you feel that way
I could be the one to set you free
I could be the one to make you feel that way
I could be the one to set you free

Syarat Masuk AKPOL

Informasi ini saya tujukan kepada teman-teman yang tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk Akademi Kepolisian. Terdapat beberapa tahapan tes masuk Akpol yang dilaksanakan dari tahun ke tahun. Salah satu item seleksi yang memiliki nilai yang cukup tinggi adalah Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ). TKJ ini dilakukan untuk mengukur kemampuan fisik setiap peserta seleksi. Kenapa hal ini diperlukan, karena selama menjalani pendidikan di Akademi Kepolisian akan banyak terdapat kegiatan yang membutuhkan fisik yang prima, sehingga hanya calon yang memiliki kemampuan fisik baguslah yang berhak mengikuti pendidikan di Akpol. Tapi jangan khawatir, kemampuan fisik bukanlah suatu bawaan lahir, kemampuan ini bisa dilatih apabila adik-adik benar-benar berniat untuk ikut seleksi menjadi Taruna Akpol. Hanya latihan yang rutin dan sungguh-sungguh sajalah yang dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Latihan-latihan pembinaan fisik yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut : Lari selama 12 menit 1. Latihan lari selama 12 menit Latihan pertama yaitu lari selama 12 menit. Sebaiknya lakukan latihan ini dengan mengelilingi lapangan sepak bola yang berukuran standar 400 meter. Untuk calon peserta pria setidaknya dapat mencapai 6 kali (2400 meter) selama 12 menit tersebut. Untuk calon wanita setidaknya mencapai 5 kali (2000 meter). Lakukan latihan lari ini secara rutin agar kemampuan dapat meningkat dari waktu ke waktu. 2. Pull Up (pria) dan Chinning (wanita) Pull Up (pria) Chinning (wanita) Latihan berikutnya adalah melakukan pull up (pria) dengan cara seperti bergantung pada tiang horizontal seperti gambar kemudian menarik badan keatas sampai dagu melewati tiang itu dan kembali turun sampai tangan lurus. Setidaknya lakukan latihan ini sebanyak 10 kali, dengan gerakan yang sempurna. Lebih baik sedikit demi sedikit tetapi sempurna dari pada banyak tapi gerakannya tidak sempurna. Untuk calon wanita lakukan chinning dengan berdiri di depan tiang mendatar, dengan kaki tetap menginjak tanah, kemudian tarik badan ke depan dan kembali ke belakang, setidaknya lakukan sebanyak 40 kalo secara sempurna. 3. Sit Up Sit Up Sit Up secara mudahnya adalah gerakan duduk-bangun. Lakukan latihan untuk memperkuat otot perut. Posisi tangan dianyam di belakang kepala. Ketika bangun upayakan sampai mencium lutut. Lakukan gerakan ini minimal 35 kali untuk pria dan 30 kali untuk wanita. Seluruh gerakan dilakukan tidak lebih dari 1 menit. 4. Push Up Push Up Push Up adalah gerakan naik turun dengan bertumpu pada kedua tangan dan kaki. Untuk laki-laki bertumpu pada ujung kaki, dan wanita bertumpu pada lutut. Saat turun badan tidak menyentuh tanah, dan pada saat naik tangan kembali lurus. Lakukan gerakan secara sempurna untuk laki-laki setidaknya 35 kali dan 30 kali untuk wanita. Seluruh gerakan dilakukan tidak lebih dari 1 menit. 5. Shuttle Run Shuttle Run (lari angka 8) Shuttle run adalah lari membentuk angka 8 diantara 2 buah tiang yang berjarak 10 meter sebanyak 3 kali sampai kembali ke tempat start semula. Tes ini untuk mengukur akselerasi dan kelincahan tiap peserta. Upayakan waktu yang diperlukan tidak lebih dari 20 detik. 6. Renang Lakukan latihan renang dengan gaya bebas (gaya apa saja yang dikuasai). Berlatihlah berenang setidaknya mencapai jarak 25 meter. Berlatihlah dengan rutin dan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal. Semua item diatas akan lebih baik bila adik-adik dapat melebihi batas jumlah yang saya sebutkan. Selamat berlatih dan semoga sukses bersama anda !!